Dibalik Rasa Sakit - Rasa sakit kerap hadir pada setiap manusia, saya ataupun anda juga pasti pernah mengalaminya kan, baik psikis ataupun pisik.

Psikis atau sakit yang hadirnya didalam jiwa, seperti sakit hati kerap hadir ketika anda mengalami masalah seperti putus cinta, di buly orang lain, terlalu banyak pikiran . hal tersebut pasti membuat anda merasa sangat tidak tenang.

sakit psikis juga mampu membuat pisik anda menjadi sakit, kenapa?
Coba kita liat kasus ini
Pernahkah anda merasa banyak masalah yang sedang anda pikirkan? misalanya masalah ekonomi keluarga yang tak pernah merasa cukup, karena kebutuhan semakin hari semakin meningkat? pasti jawabannya adalah "ya", masalah ini memang merupakan masalah yang dialami oleh setiap orang.

Ketika hal ini terjadi maka pikiran anda akan terfokus mencari solusi dan mengakibatkan kita lupa akan segalanya seperti makan, sikap yang berubah menjadi gampang marah.

 Makan merupakan aktifitas yang harus selalu anda kerjakan setiap hari namun masalah yang dihadapi mampu membuat perut tidak merasa lapar, maka timbulah penyakit yang namanya mag. Mag disebabkan karena hati yang tidak tenang, gampang marah dan selalu menyipan kemarahan dalam hati begitulah yang dikatkan ust.Danu.

Jadi dasar dari segala penyakit yang timbul atas diri kita adalah hati dan jiwa, jiwa yang bersih tidak akan di hinggapi penyakit . Rumah yang kotor maka akan didatangi banyak bakteri yang mengakibatkan rumah menjadi bau, tetapi jika rumah itu bersih maka segala jenis bakteri atau penyakit tidak akan hadir didalamnya.

Lalu bagaimana cara kita agar membuat hati kita menjadi bersih dan tidak dihinggapi penyakit ?
didalam islam semuanya diajarkan bagaimana fola hidup sehat dengan jiwa yang bersih.

1. Sholat 

    Sholat merupakan perintah utama yang hatus dikerjakan setelah sahadat, karena sholat mencegah kita dari perbuatan munkar dan mampu membuat hati menjadi tenang.


Selain itu Sholat sendiri merupakan tiang agama islam dan merupakan salah satu ibadah paling utama.
bahkan perkara yang pertama kali dipertanyakan di akhirat nanti adalah tentang bagaimana sholat kita semasa di dunia. jika sholat kita bagus, maka amalan lainnya ikut menjadi bagus. begitu pula sebaliknya, jika sholat kita jelek, maka jeleklah semua amal perbuatan kita lainnya. Maka dari itu kita diwajibkan menjaga dan memelihara shalat kita semasa hidup agar kita selamat dunia akhirat. shalat juga termasuk dalam rukun islam ke dua. Allah SWT telah banyak sekali menerangkan tentang masalah sholat dalam Al-Qur'an, begitu pula Rasulullah SAW telah banyak menjelaskan perkara shalat ini dalam hadist hadist beliau.

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pertama-tama perbuatan manusia yang dihisab pada hari qiyamat, adalah shalat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya (maka selesailah persoalannya). Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan (kepada malaikat), “Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunnahnya”. Kemudian semua amal-amal yang wajib diperlakukan seperti itu”. [HR. Khamsah, dalam Nailul Authar juz 1, hal. 345]



2.  Membaca Al-Qur'an
   
marah-marah, iri, dengki, stress dan banyak masalah lainnya yg mengganggu perasaan hati, Bacalah Al-Qur'an. Semakin lama membaca maka akan semakin tertutupi beban perasaan di hati. Jika rutin diamalkan tiap hari, maka setiap hari pula beban perasaan tertutupi, termasuk menutupi nafsu duniawi, sehingga diri/akal anda tidak lagi ditutupi/ dikendalikan oleh nafsu, tapi akal anda-lah yg menutupi/ mengendalikan nafsu. Bila akal ditutupi oleh nafsu hingga over, maka akan menyebabkan akal benar-benar tertutup (gila). Namun bila akal menutupi nafsu, maka akan menyebabkan timbulnya Iman, Nafsul Mutmainnah (jiwa/hati yg tenang), berakhlak mulia.


"Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah (zikrullah) hati menjadi tenang".Q-S Ar-Ra'd ayat 28. 

Setelah membaca Quran, hati anda akan merasakan  getaran iman, dimana perasaan itu membuat manusia sangat takut untuk berbuat dosa dan sangat tidak takut akan sesuatu hal buruk yg bakal terjadi, sekalipun dlm keadaan bahaya, keadan terpuruk hati tetap selalu tenang, sehingga tidak larut memikirkan beban perasaan yg mengganggu.

3. Bersyukur

Bersyukurlah apapun yang terjadi di hidup anda, karena dengan bersyukur maka nikmat akan bertambah tetapi jika anda megalami masalah diselesaikan dengan dengan cara mengeluh maka hati akan bertambah sempit


Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat. [Ibrâhîm/14:7]


Ayat diatas sudah sangat jelas bahwa anda dan saya harus tetap bersyukur, karena apapun yang terjadi pada hidup anda merupakan kehendak dari Alloh SWT.


Lalu ada apa dibalik rasa sakit itu?

Hikmah dibalik rasa sakit itu adalah merupakan kasih sayang Alloh kepada anda agar anda selalu ingat kepadanya, karena ketika anda diberikan kebahagian seperti kecukupan harta, kesehatan, kerjaan yang bagus terkadang membuat anda lupa akan bersyukur dan lupa bahwa itu semua diberikan oleh Alloh.

Alloh selalu memberikan hikmah dibalik semua kejadian yang diberikannya, oleh karena itulah semoga kita mampu mengambil hikmah tesebut.

Alhamdulillah, syukur saya kepada Alloh dan dengan seizinnyalah saya bisa menyelesaikan artikel ini, jika ada kekeurangan dalam penulisan dan penyampaian mohon dimafkan.
dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda para pembaca,

Jika ada kekurangan silahkan komentarai dan tambahkan,

Terima kasih telah mengunjungi blog ini