5 Hal Yang Mampu Mengubah Pandangan Diri Terhadap Dunia : Diartikel Sebelumnya saya Membahas tentang 20 cara hebat menghadapi masalah kehidupan . langsung saja inilah 5 cara yang mampu mengubah pandangan anda terhadap dunia.

5 Hal Yang Mampu Mengubah Pandangan Diri Anda Terhadap Dunia


1.Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit


"Sedikit Demi Sedikit lama-lama Menjadi Bukit" Menurut anda apa makna dari pepatah tersebut?
"Sedikit Demi Sedikit lama-lama Menjadi Bukit" Jika Menurut saya makna dari pepatah tersebut adalah bahwa bila kita mengumpulkan sesen demi sesen, pada saatnya kita akan sepundi. Namun sesungguhnya pepatah ini tidak berbicara tentang hidup hemat, atau ketekunan menabubng.

Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit


Pepatah ini tersirat makna tentang sesuatu yang lebih berharga dariu sekedar sejumlah atau sekantung uang namun bila anda mampu mengumpulkan kebaikan didalam suatu tindakan-tindakan kecil, maka anda akan mendapatkan kebesaran dalam jiwa anda.

lalu bagaimana tindakan kecil yang anda lakukan itu mencerminkan kebesaran jiwa anda ? yaitu , harus disertai dengan secercah kasih sayang didalamnya seperti ucapan terima kasih, sedikit senyuman, sapaan ramah, atau pelukan bersahabat. Tindakan tersebut memang terlihat sepele namung itu lebih tinggi nilainya dari bukti tabungan anda.

Jadi Sedikit Kebaikan yang konsisten yang anda lakukan setiap hari akan menghasilkan beribu-ribu pahala, dan jika anda membiasakan diri seperti itu maka anda akan merasa tidak nyaman ktika anda tidak melakukannya lagi. Terbiasa dengan sedikit kebaikan yang konsisten itu lebih dari pada sesuatu kebaikan yang adan lakukan hanya sekali meski sangat besar.


2.Bertindaklah Sebatas Kita Memandang Dunia


Bila anda memandang diri anda lebih kecil maka dunia akan tanpak sempit dan tindakan anda pun menjadi kerdil. Namun bila anda memandang diri anda besar maka anda pun akan terlhat luas dan andapun melakuan hal hal penting yang berharga.

sebuah tindakan yang anda lakukan merupakan cerminan bagaimana anda memandang dunia. Sementara dunia tak lebih luas dari pikiran anda tentang diri sendiri, itulah mengapa kita harus selalu berpikir positif pada diri sendiri agar kita bisa memandang dunia lebih indah serta tindakan pun selaras dengan tindakan yang ada dalam pikiran kita. padahal dunia tidak butuh pandangan kita, ia hanya memantulkan apa yang kita lihat dan kita tilai. Bila anda takuk menghadapi dunia maka sesungguhnya anda takut menghadapi diri anda sendiri.

oleh karena itulah hal ini bukan soal apakah kita berprangsangka positif atau negatif trhadap diri sendiri. sebaiknya anda mampu jujur melihat diri sendiri apa adanya. dunia pun akan menampakan realitanya yang selama ini tersembunyi dibalik pandangan dan pnilaian anda.

3.Bersyukur Pada Apa Saja


Kewajiba Bersyukur pada apapun yang menimpa anda. ini bukanlah masalah kebruntungan namun bersyukur menuntun anda mnyingkirkan pikiran negatif atau menyingkirkan sisi ngatif dari hidup anda. kebanyakan orang mungkin mengatakan bahwa hal tersebut tidak realistis namun, sebenarnya sikap anda jauh lebih realistis dari pikiran kebanyakan orang. yaitu, membebaskan diri anda dari kecemasana akan kesalahan yang anda perbuat.

Bersyukur Pada Apa Saja

Bersyukur akan mendorong anda untuk bergerak maju dengan antusias. karena dengan bersyukur akan meringankan beban hidup anda. saya pernah merasakan sesuatu yang membuat saya merasa sempit berada didunia ini, hal itulah yang membuat saya menjadi mengeluh karena keadaan yang terjadi, namun apa yang terjadi pada diri saya saat saya terus mengeluh? hal itu malah membuat saya semakin terpuruk dan hati saya tambah sempit. Oleh karena itulah bahwa bersyukur mampu membuat hati anda menjadi lapang. semakin banyak anda besyukur maka akan semakin banyak anda menerima seluruh keadaan yang menimpa anda. dan semakin banyak anda mengingkari maka akan semakin berat beban yang adan jejalkan pada diri anda.

Memang banyak orang yang mengikarinya karena kegagalan yang terjadi pada dirinya. dan sedikit sekali orang yang melihat pada keberhasilan lalu ia mensyukurinya. anda tidak akan berhasil jika anda hanya menggerutu dan berkeluhh kesah. Justru anda harus lebih semangat berusaha untuk mencapai keberhasilan karena itu adalah sala satu bentuk rasa syukur anda dalam melihat sesuatu yang terjadi dihidup anda. dan hanya dengan bersyukur maka akan tanpak sisi positif itu pada pandangan anda.

4. Memberi Tanpa Pertimbangan


Cobalah mulai hari anda dengan niat untuk memberi, mulailah dengan sesuatu yang kecil yang tak terlalu berharga dimata anda. Mulailah dari uang receh, kumpulkan beberapa uang receh yang mungkin tercecer disana sini, lalu berikanlah kepada siapa saja atau berikanlah kepada anak kecil yang sedang bersekolah untuk sekdar uang jajan saja, dan jika anda berada didalam bus tiba tiba ada pengamen datang maka berikan lah uang yang dikumpulkan anda, atau anda sedang berada di mobil yang ber AC tiba tiba ada tangan kecil yang yang mengetuk pintu mobil anda untuk meminta-minta maka berikanlah uang itu padanya. jangan pedulikan pendapat anda tentang kemalsan, kemiskinan dan lain sebagainya. karena tujuan dari mengumpulkan uang receh tersebut adalah hanya untuk diberkan.

Barangkali ada rasa enggan dan kesal. tekanan perasaan itu seiring dengan pemberian anda. Bukankah, tak seorangpun menginginkan dirinya sebagai seorang pengemis. ingat, kali ini anda hanya sedang berlatih memberi / mengulurkan tangan dengan jumlah yang tidak berarti ? rasakan saja, kini sesuatu mengalir dari dalam telapak tangan anda. sesuatu itu adalah kasih sayang

Memberi tanpa pertimbangan bagai mnyingkirkan batu penghambat arus sungai. Arus sungai adalah rasa kasih sayang dari dalam diri. Sedangkan batu adalah kepentingan yang berpusat pada diri sendiri. Sesungguhnya bukan receh atau berlian yang anda berikan. Kemurahan itu terletak di tangan, melainkan dihati anda.

5. Ketekunan Merupakan Kekuatan Besar Buat Anda


Tahukah anda bahwa usaha kecil yang anda lakukan secara konsisten akan membuahkan keberhasilan yang luar biasa. Keberhasilan bukan sesuatu yang turun begitu saja, Namun ketekunan pada diri anda untuk berusaha. Ketekunan adalah kemampuan anda untuk bertahan ditengah tekanan dan kesulitan. anda harus tetapmengabil langkah selanjutnya. Jangan pernah berhenti dilangkah pertama. Semakin jauh anda melangkah maka akan semakin banyak banyak rintangan yang menghalang.

Seperti kata pepatah bahwa ribuan kilometer langkah dimulai dengan satu langkah. Sebuah langkah besar sebenarnya terdiri dari banyak langkah - langkah kecil. Maka lankah pertama keberhasilan anda harus dimulai dari rumah anda sendiri. Rumah anda yang paling baik adalah hati anda. itulah sebaik baiknya tempat untuk kembali. karena itu mulailah kemajuan anda dengan memajukan hati anda. Dengan begitu ketekunan anda dalam usaha akan hadir, itupun jika anda melakukannya benar benar dari hati.



Semoga Bermanfaat 

Baca Juga :
Cara Hebat Menghadapi Masalah Kehidupan : Renungan Inspirator