Inilah 4 Keistimeaan Sholat Subuh Yang Tidak Banyak DI ketahui orang - Sholat merupakan tiang agama yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim, sholat juga merupakan perintah langsung dari Alloh.

Sholat juga merupakan rukun islam, yang mana seseorang yang melaksanakan sholat berarti menegakan rukun islam yang ke dua setelah sahadat.


inilah firman Alloh dalam Al-Qur'an tentang perintah sholat, 
"dan dirikan Sholat, tunaikanlah zakat dan rukulah bersama orang-orang yang ruku [Qs Al-Baqoroh 02:43]"


Ayat lain yang juga menerangkan tentang perintah Sholat yaitu, 
" dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu. kamu akan mendapakan (pahala) di sisi Alloh. Sungguh Alloh maha melihat apa yang kamu kerjakan [Qs Al-Baqoroh 02:110]"

Dari dua ayat tersebut sudah dapat disimpulkan bahwa sholat merupakan perintah utama dari Alloh untuk kita sebagai umat muslim, dengan sholat kita akan mendapatkan kebaikan di disi Alloh.

Bisa kebayang donk kita mendapatkan kebaikan dari Alloh gimana rasanya? Karena Alloh itu adalah penguasa dari selueurh alam ini artinya Alloh adalah raja dari para raja didunia ini seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an 
"Maha Suci Alloh yang menguasai (segala) Kerajaan , dan dia Mahakuasa atas Segala Sesuatu[Qs Al-Mulk 67:01]". 

"Menguasai Segala kerajaan" jelas seudah terlihat didalam ayat ini bahwa Alloh begitu super besar kekuasaannya, coba gimana ga seneng dapat kebaikan-nya, ketika kita mendapatkan kebaikan darinya maka apapun yang kita minta pasti didengarnya dan dikabulkannya.

Mengapa Alloh memerintahkan kita untuk sholat tidak hanya dalam 1 ayat saja? jawabannya adalah karena sholat begitu sangat istimewa dan sholat juga lah yang pertama kali akan Alloh hisab di akhirat kelak, Jika Sholatnya baik maka baik pula lah amal yang lainnya. 

Ada 5 waktu yang Alloh perintahkan kita Untuk Sholat yaitu , 



Namun yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah tentang keistimewaan dari pada subuh.

Sholat subuh itu memiliki banyak keistimewaan, apalagi jika dilaksanakan dimesjid dengan berjamaah, karena dengan sholat subuh berjamaah merupakan sebuah amal yang sangat besar keutamaannya, namun kurang mendapatkan perhatian dari umat islam.

Inilah berepa Keutamaan dari sholat subuh yang jarang di ketahui banyak orang,


1. Mendapatkan berkah dari Alloh SWT


Sholat subuh berjamaah mendapatkan peluang dari Alloh SWT Sebab sholat subuh dikerjakan pada waktu pagi, Terlebih aktifitas wajib yang dikerjakan secara berjamaah, Rosululloh SAW yang langsung mendoakan agar sholat subuh berjamaah mendapatkan berkah. 

Inilah doa Rosululloh
"Ya Alloh, Berkahilah umatku pada waktu paginya [HR Abu Daud, Tirmidzi Dan Ibn Majah]".


2. Mendapaatkan cahaya pada hari kiamat


Melihat kondisi waktu subuh yang gelap, wlau dengan penerangan listrik, namun kondisi seperti itulah justru terdapat ganjaran yang amat besar dari Alloh bagi yang mengerjakan sholat subuh apalagi berjamaah, dimana saat subuh itu sedang nikmat-nikmatnya tidur dan malas untuk bangun. namun orang yang mengerjakannya mendapatkan sahaya diakhirat kelak. dalam hadist disebutkan.
"Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju mesjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat [HR Abu Daud Dan tirmidzi]".


3. Berada Dalam Jaminan Dari Alloh SWT



Alloh menjamin bagi orang - orang yang mengerjakan sholat Subuh terutama sholat subuh berjamaah mendapatkan perlindungan dari-nya. Siapapun orang yang berada dalam jaminan Alloh maka orang itu tidak boleh disakiti, orang yang berani menyakitinya maka akan mendapatkan azab yang pedih dari Alloh, Rosululloh SAW Bersabda :

"Barang siapa yang mengaerjakan sholat subuh maka dia beraada dalam jaminan Alloh, maka jangan sampai Alloh menuntut kalian sesuatu apapun pada jaminan-nya. karena barang sipa yang dia tuntut pada jaminan-nya. pasti dia akan mendapatkannya. kemudian dia akan di telungkupkan pada wajahnya di dalam neraka [HR MUSLIM]".


4. Dibebaskan dari sifat munafik



Siapakah dari diri kita yang bisa menjamin bahwa kita telah sici dari penyakit kmunafikan ? bahkan dahulu para tokoh salaf yang keimanannya lebih besar dari kita, selalu senantiasa takut dan kuwtir dengan sifat munafik. Seharusnya kita yang tidak ada apa apanya dibandingkan dengan mereka yang harusnya lebih kuwatir terkena penyakit kemunafikan itu. Apalagi hidup didunia yang godaannya luar biasa banyak.

Untuk mencegahnya dengan cara sholat subuh berjamaah agar kita senan tiasa terhindar dari sifat kemunafikan. Seperti dalam Hadist :
" Tidak ada sholat yang lebih berat  (dilaksanakan) bagi orang munafik dari pada sholat subuh dan isya. Seandannya meraka tahu keutamannya niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas Adzan untuk iqomat (sholat) kemudian aku membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Sholat di mesjid [HR Bukhari muslim dari Abu Hurairah]

Subhanalloh Luar Biasa bukan ?, Inlilah Keistimewaan dari Sholat subuh, Apalagi jika kita Isqiqomah mengerjakannya .

Masih banyak lagi keistimeaan keistimeawaan lain yang belum kita ketahui, namun tiga keistimeawaan sholat subuh diatas juga menurut saya sudah sangat istimewa. Sekarang semuanya dikembalikan lagi pada kita. apakah kita akan mengambilnya atau tidak. Mari kita renungkan tiada yang lebih istimewa didunia ini dibandingkan dengan sholat subuh, terutama sholat subuh berjamaan.

Kungjungi juga ya